√ Apa Itu Skimming ATM? Ciri-Ciri & Tips Terhindar!

Apa Itu Skimming ATM

Apa Itu Skimming ATM – Kepemilikan rekening bank memberi kemudahan bagi setiap masyarakat di era modern seperti sekarang. Dimana selain bisa digunakan sebagai tempat menabung, rekening bank umumnya juga digunakan sebagai tempat melakukan deposit dan juga sebagai salah satu syarat melakukan pinjaman di perusahaan perbankan.

Hampir setiap bank yang ada di Indonesia memberikan fasilitas tersebut lengkap dengan kartu ATM sebagai kunci untuk bisa para pemilik melakukan transaksi di dalam rekening bank tersebut. Meskipun secara garis besar kepemilikan ATM dan juga rekening cukup membantu dalam urusan finansial setiap orang.

Citayam

Akan tetapi akhir-akhir ini banyak kasus skimming ATM yang bisa dibilang cukup merugikan para nasabah perbankan. Karena kasus skimming ini akan membuat saldo di dalam rekening bisa hilang dalam sekejap mata. Bahkan dengan nominal yang mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Bahkan ada beberapa bank terbesar di Indonesia yang sampai kebobolan terkait skimming ini.

Dari penjelasan singkat tersebut, lantas apa itu Skimming ATM dan juga bagaimana sih tips mengihindari / terhindar dari Skimming dan apa saja kiranya ciri-ciri rekening ATM bank yang terindikasi terkena Skimming. Untuk kalian yang belum tahu dan penasaran, mari simak penjelasan lengkap yang sudah buatatm.com siapkan berikut ini.

Apa Itu Skimming ATM

Singkatnya Skimming merupakan sebuah tindakan kejahatan yang dimana orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan pencurian informasi serta data rekening perbankan. Mulai dari nomor rekening maupun PIN ATM yang secara sadar merupakan data pribadi dan punya sifat SANGAT RAHASIA.

Namun entah bagaimana caranya, para oknum tidak bertanggungjawab ini bisa mendapatkan semua data-data tersebut. Yang lebih parahnya lagi, Skimming ATM juga membuat oknum-oknum tersebut bisa membaca serta menyalin semua informasi yang ada di dalam strip magnetic kartu ATM secara ilegal.

Meski belum di ketahui secara pasti bagaimana oknum nakal tersebut bisa melakukan semua hal tersebut. Disinyalir bahwa tindakan Skimming ATM / tindakan pencurian ini bisa dilakukan dengan memodifikasi perangkat pembayaran / memakai alat pembaca kartu.

Lebih parahnya lagi, pencurian data-data pribadi milik nasabah ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan mesin ATM maupun mesin EDC yang mungkin kita anggap merupakan mesin paling aman karena memang dikeluarkan langsung oleh pihak perbankan / penerbit kartu ATM.

Bagaimana Skimming ATM Bisa Terjadi?

Nah setelah sampai disini kalian bisa memahami apa itu Skimming ATM seperti kami sampaikan dan jelaskan di atas. Mungkin kalian akan langsung bertanya lalu bagaimana skimming ATM / pencurian data ATM perbankan yang sifatnya pribadi bisa dilakukan?.

Dari beberapa penjelasan yang kami peroleh dan penuturan dari beberapa kerabat / teman yang memang memiliki pekerjaan di bidang perbankan. Diketahui tindakan skimming / pencurian data ATM ini digunakan untuk membuat kartu ATM tiruan.

Dengan begitu, ketika ATM Tiruan tersebut sudah jadi dan para oknum nakal tersebut sudah memiliki informasi lengkap tentang ATM mulai dari nomor rekening dan juga PIN ATM. Maka mereka pun bisa melakukan transaksi dengan mudah layaknya menggunakan kartu ATM aslinya.

Ciri-Ciri Mesin ATM Dipasang Alat Skimming

Ciri Ciri Mesin ATM Dipasang Alat Skimming

Nah dengan maraknya tindak pencurian data dan dana di ATM melalui Skimming ini, tentu setelah kalian paham apa itu Skimming ATM seperti kami jelaskan di atas. Hal penting dan mungkin bisa kami katakan harus kalian ketahui yakni ciri-ciri mesin ATM dipasang alat Skimming atau kena Skimming

Oleh karena itu, sesuai dengan judul di atas. Setelah kita paham tentang arti skimming itu apa. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri mesin ATM yang dipasang alat Skimming patut dan perlu untuk kalian ketahui agar tidak jadi korban.

1. Terdapat Penghalang di Bagian Kyepad

Salah satu ciri-ciri mesin ATM yang dilengkapi alat skimming oleh oknum tidak bertanggungjawab adalah terdapat penghalang yang ukurannya begitu tipis dan mungkin tidak terlihat mata di bagian keypad. Dimana kita semua tahu keypad pada mesin ATM sendiri berfungsi untuk kita memasukkan 6 digit PIN ATM.

Dengan adanya penghalang tersebut, mungkin saja oknum nakal tersebut bermaksud untuk merekam data PIN yang kalian masukkan. Dengan begitu ketika kalian sudah selesai melakukan transaksi, sidik jari yang tertinggal pada keyped akan digunakan untuk menentukan PIN yang digunakan.

2. Terdapat Pembeda di Bagian Lubang Kartu ATM

Tanpa disadari, sebagai pengguna kartu ATM mungkin kita jarang melakukan pemeriksaan pada mulut lubang kartu ATM di mesin ATM. Karena memang pada dasarnya hal ini cukup membuat kita kehilangan waktu sepersekian detik untuk melakukan transaksi di mesin ATM.

Namun kelengahan inilah yang seringkali dimanfaatkan oknum nakal untuk meletakkan sebuah sensor / lapisan pembaca data kartu ATM yang mungkin tidak kita sadari. Dan data tersebutlah yang digunakan untuk membuat kartu ATM tiruan.

3. Skimming Sering Terjadi di Wilayah Terpencil

Nah kemudian, selain dua ciri-ciri di atas. Ciri lain mesin ATM yang dipasang alat skimming biasanya terjadi pada mesin-mesin yang letaknya di daerah / wilayah terpencil yang mungkin bisa dibilang jauh dari keramaian.

Meski begitu, hal tersebut pun tidak menutup kemungkinan mesin ATM di kota-kota besar / pusat-pusat keramaian tetap saja bisa terdapat alat skimming. Jadi pastikan saja ketika ingin menggunakan mesin ATM harus selalu waspada dan periksa terlebih dahulu.

Tips Terhindar Skimming

Nah setelah paham bahwa Skimming itu merupakan sebuah tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk tujuan membobol rekening. Tentu sebagai pengguna ATM dari bank apapun itu, cobalah mulai sekarang untuk bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan mesin ATM atau kartu ATM.

Namun untuk lebih bisa membuat kalian berhati-hati dalam menggunakan kartu dan mesin ATM. Berikut ini adalah beberapa tips terhindar dari kejahatan skimming.

  • Usahakan lakukan penggunaan kartu ATM pada mesin ATM yang tidak berlokasi di kawasan / wilayah sepi pengguna. Sebagai gantinya kalian gunakan mesin ATM di area SPBU, Mall, Minimarket / Supermarket.
  • Kemudian ketika ingin menggunakan mesin ATM, pastikan pula disekitar lokasi ATM tersebut terdapat kamera CCTV.
  • Dari pribadi / diri sendiri, mungkin salah satu tips terhindar dari kejahatan skimming yakni dengan melakukan penggantian PIN secara berkala.
  • Selanjutnya cobalah untuk selalu membuang bukti transaksi / mutasi rekening di tempat yang dekat dengan kita.
  • Yang paling penting usahakan selalu cek mesin ATM sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa apa itu Skimming ATM merupakan tindak kejahatan yang sangat meresahkan. Dan perlu di berantas oleh pihak kepolisian maupun kita sebagai pengguna yang harus berpartisipasi membantu mengurangi tidak pencurian ini dengan melakukan beberapa tips di atas.

Sekian dan semoga apa yang telah buatatm.com sampaikan tentang apa itu skimming ATM bisa menjadi pelajaran yang cukup membantu dalam kewaspadaan kita menggunakan kartu ataupun mesin ATM.

Sumber Gambar: jakone.mobi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.