Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

5 Cara Ganti Kartu Chip ATM BCA & Batas Akhir Penggantian

Cara Ganti Kartu Chip ATM BCA & Batas Akhir Penggantian

Cara Ganti Kartu Chip ATM BCA – PT Bank Central Asia secara resmi mengumumkan mereka akan mempercepat penghentian penggunaan kartu ATM berbasis magnetic strip. Hal ini dilakukan agar penyesuaian kartu ATM BCA baru berbasis chip bisa di lakukan semakin cepat.

Pengumuman tersebut dilakukan Bank BCA melalui berbagai macam kanal media. Termasuk melalui aplikasi BCA Mobile maupun media sosial resmi BCA. Dalam pengumuman tersebut, dijelaskan bahwa nasabah yang masih memakai ATM BCA magnetic strip harus segara menggantinya.

Jika tidak, setelah pemberlakuan kartu ATM BCA chip sudah dilakukan nanti, nasabah yang masih memakai magnetic strip sudah tidak akan lagi bisa memanfaatkannya untuk berbagai macam transaksi. Untuk itu dengan adanya pemberitahuan baru dari BCA.

Setidaknya buat kalian nasabah bank BCA harus segera mengurusnya. Lantas bagaimana cara mengurus penggantian kartu ATM BCA tersebut, serta kapan batas akhir penggantian sebelum benar-benar tidak bisa digunakan?.

Cara Ganti Kartu Chip ATM BCA & Batas Akhir Penggantian

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, sesuai dengan judul yang buatatm.com tulis di atas. Kali ini akan kami sampaikan secara detail mengenai batas akhir penggantian, syarat, biaya, akibat ATM BCA tidak diganti serta cara ganti kartu chip ATM BCA.

Batas Akhir Penggantian Kartu ATM BCA

Mengutip langsung dari pengumuman resmi yang di edarkan oleh pihak PT Bank Central Asia. Dijelaskan bahwa mulai tanggal 1 Desember 2021, seluruh JENIS KARTU ATM BCA atau debit BCA non chip atau masih memakai magnetic strip tidak akan bisa digunakan.

Itu artinya jika kalian bertanya kapan batas akhir penggantian kartu ATM BCA, bisa kami tarik kesimpulan bahwa proses penggantian kartu chip ATM BCA paling lambat di lakukan akhir bulan November 2021.

Akibat Tidak Ganti Kartu Chip ATM BCA

Advertisements

Apa yang akan terjadi jika kartu ATM non chip tidak di ganti setelah tanggal 1 Desember 2021?. Dari penjelasan di atas jelas di ketahui bahwa setiap nasabah yang masih menggunakan kartu debit BCA berbasis magnetic strip tidak akan bisa lagi melakukan berbagai macam transaksi.

Baik itu transaksi finansial seperti transfer, tarik tunai, setor tunai maupun transaksi non-finansial layaknya cek saldo ataupun cek mutasi rekening. Maka dari itu, kami sangat menyarankan untuk ganti kartu chip ATM BCA sesegera mungkin.

Baca  Jenis ATM BCA

Syarat Ganti Kartu Chip ATM BCA

Setelah kalian mengetahui apa saja resiko yang akan kalian dapati ketika tidak segera mengganti kartu chip ATM BCA seperti di atas kami sampaikan serta batas akhir penggantian. Apabila saat ini memang kalian masih memakainya dan ingin segera menggantinya di kantor BCA.

Setidaknya ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi agar proses cara ganti kartu ATM BCA chip bisa dilakukan dengan lancar. Nah berikut adalah beberapa syarat tersebut :

  1. Membawa kartu ATM BCA berbasis magnetic strip.
  2. Membawa buku tabungan.
  3. Serta membawa kartu identitas diri seperti KTP ataupun SIM.

Cara Ganti Kartu Chip ATM BCA

Apabila semua syarat di atas telah kalian lengkapi, maka proses penggantian kartu chip ATM BCA magnetic strip ke chip pun sudah bisa dilakukan. Untuk memudahkan prosesnya, PT Bank Central Asia pun menyediakan beberapa metode yang bisa dilakukan.

1. Mendatangi Kantor Bank BCA Terdekat

Cara pertama untuk ganti kartu chip ATM BCA yakni dengan mendatangi kantor bank BCA terdekat. Cara ini berlaku untuk semua kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia. Adapun langkah-langkahnya meliputi.

  • Pertama silahkan siapkan semua persyaratan di atas dengan benar kemudian kunjungi kantor bank BCA terdekat.
  • Setelah itu ambil nomor antrian untuk bertemu customer service BCA dan tunggu sampai nomor antrian di panggil.
  • Temui petugas CS BCA yang bertugas dan katakan kalian ingin melakukan penggantian kartu ATM dari magnetic strip ke chip.
  • Petugas akan meminta beberapa syarat di atas, dan kalian akan diberi formulir penggantian kartu ATM.
  • Isi formulir dengan sebaik mungkin dan serahkan kembali ke petugas,
  • Proses penggantian pun akan langsung dibantu oleh petugas.
  • Tunggu sampai selesai dan kartu ATM BCA chip pun akan kalian dapatkan.

2. Menggunakan Layanan CS Digital BCA

Selain bisa digunakan untuk CETAK KARTU ATM BCA setelah proses pendaftaran rekening secara online, mesin CS Digital BCA juga dapat kalian gunakan untuk ganti kartu debit BCA ke chip. Metode ini mungkin merupakan metode paling simple tanpa harus antri. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Pertama silahkan siapkan kartu ATM BCA lama dan e-KTP aktif.
  • Datangi kantor bank BCA yang memiliki layanan mesin CS Digital.
  • Sentuh layar CS Digital untuk menampilkan menu utama.
  • Ada dua menu bisa kalian pakai yakni Cetak Kartu & Ganti Kartu, silahkan pilih ganti kartu.
  • Tempelkan e-KTP pada mesin sesuai letak dan posisinya, pastikan ikuti arahan gambar / petugas security yang membantu.
  • Sampai disini, kalian akan diminta untuk melakukan scan sidik jari telunjuk kanan & kiri , silahkan ikuti arahan pada layar dengan benar hingga selesai.
  • Masukkan kartu ATM BCA magnetic strip / kartu ATM BCA lama.
  • Masukkan 6 digit PIN kartu ATM BCA lama.
  • Pilih jenis kartu ATM sesuai kebutuhan mulai dari Blue, Gold, Platinum.
  • Setelah itu silahkan pilih kartu ATM dengan nama (butuh waktu 7 hari kerja) / tanpa nama (langsung bisa di ambil). Setelah itu tap lanjutkan.
  • Buat 6 digit PIN ATM BCA baru atau gunakan PIN Lama juga bisa.
  • Tunggu sebentar dan kartu ATM BCA chip pun keluar dari mesin CS Digital.
Baca  Cara Transfer Mandiri ke BCA

3. Melalui Hallo BCA

Cara terakhir yang dapat kalian gunakan untuk ganti kartu chip BCA sesuai ketentuan baru PT Bank Central Asia adalah dengan menggunakan fasilitas Hallo BCA. Dengan menggunakan metode ini setidaknya kalian akan bisa mengganti kartu debit BCA tanpa harus keluar rumah.

Jika tertarik memakai cara ini, silahkan hubungi nomor 1500888 untuk bicara langsung dengan petugas. Namun pastikan kalian memiliki pulsa mencukupi. Atau jika tidak, kalian bisa gunakan aplikasi Halo BCA untuk menghubungi petugas, jika lewat aplikasi kabarnya gratis.

Keuntungan Segera Ganti Kartu ATM BCA Chip

Setidaknya dengan mengikuti arahan dari pihak bank BCA untuk segera mengganti kartu debit magnetic strip ke kartu ATM chip. Kalian juga akan banyak mendapatkan keuntungan, dan berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa di dapat:

  • Kabarnya akan ada banyak benefit yang bisa kalian dapat, termasuk pemakaian kartu untuk transaksi debit online (harus jenis ATM Visa/Mastercard).
  • Mendukung ketentuan PT Bank Central Asia serta mendukung kebijakan dari Bank Indonesia.
  • Seta dapat mengurangi dan meminimalisir risiko kejahatan kartu.

Biaya Ganti Kartu ATM BCA Chip

Jika ragu ingin melakukan penggantian kartu karena takut akan ada biaya. Sepertinya hal tersebut tidak perlu lagi di permasalahkan. Karena seperti informasi resmi dari pihak bank BCA, proses cara ganti kartu ATM BCA magnetic strip ke chip ini tidak dikenai biaya sama sekali alias gratis.

FAQ

Apakah harus ganti kartu ATM BCA Chip?

Harus, jika ingin terus menggunakan fasilitas kartu ATM untuk bertransaksi.

Apakah saya juga harus mengganti data di BCA Mobile?

Selama tidak pernah menghapus aplikasi dari HP, tanpa kalian ganti datanya pun akan tetap bisa digunakan.

Berapa biaya ganti kartu ATM BCA chip?

Gratis.

Silahkan lakukan penggantian kartu ATM BCA dari magnetic strip ke Chip apabila memang kalian belu melakukannya. Dan pastikan lakukan sebelum tanggal 1 Desember 2021 yah. Sebab setelah tanggal itu, maka kartu ATM BCA lama tidak akan bisa digunakan lagi.

Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *