11 Cara Menggunakan BI Fast di BRImo, Transfer Cepat & Murah!

Cara Menggunakan BI Fast di BRImo

Cara Menggunakan BI Fast di BRImo – Memasuki dunia era digital seperti saat ini, keberadaan layanan mobile banking menjadi penting bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, PT Bank Rakyat Indonesia sebagai salah satu perbankan besar di Indonesia menghadirkan BRImo untuk mempermudah nasabah melakukan berbagai macam transaksi finansial.

Hadirnya BRImo sebagai platform perbankan dengan user interface simple dan mudah digunakan, setidaknya memberikan akses yang lebih mudah bagi para nasabah ketika ingin melakukan transfer, cek saldo, hingga top up dompet digital. Tidak heran sejak kemunculannya hingga saat ini ada cukup banyak nasabah telah melakukan aktivasi BRImo.

Citayam

Nah bicara tentang layanan BRImo, kita semua tahu bahwa saat ini ada satu fasilitas baru yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan nama layanan BI Fast. Dimana layanan ini memungkinkan para pengguna BRImo serta layanan mobile banking lain seperti Livin Mandiri dan juga BNI Mobile bisa melakukan transfer cepat namun dengan biaya admin murah.

Dikeluarkannya BI Fast sebagai metode transfer real time dengan biaya yang murah nyatanya menjadi alternatif bagi setiap pengguna yang tak ingin setiap kali transfer beda bank dikenai biaya admin sebesar Rp 6.500. Namun pertanyaannya bagaimana cara menggunakan BI Fast di BRImo? untuk penjelasan lengkapnya dapat disimak pada artikel di bawah ini.

Mengenal Apa Itu BI Fast!

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara menggunakan BI Fast di BRImo. Tentu tidak ada salahnya apabila kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan BI Fast itu sendiri. Dengan begitu, penjelasan panduan lengkap di bawah nanti akan dapat kalian pahami dengan mudah.

Bila kita bicara tentang BI Fast, menurut halaman resmi Bank Indonesia. Dijelaskan bahwa BI FAST merupakan sebuah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional dengan memberikan fasilitas pembayaran secara real time, efisien, aman serta dapat dilakukan hampir 24 jam dalam 1 minggu atau istilah lainnya non-stop.

Dan perlu dipahami, untuk saat ini layanan BI Fast sendiri hanya dapat digunakan nasabah bank BRI ketika mereka melakukan transfer menggunakan aplikasi BRImo / Internet Banking. Begitu juga dengan perbankan lain seperti Mandiri, ataupun BNI. Adapun biaya satu kali transfer ke beda bank dengan BI Fast hanya dikenakan Rp 2.500 per transaksi.

Keuntungan Transfer BRImo Menggunakan BI Fast

Kemudian bila kita bicara tentang keuntungan, sudah pasti akan ada banyak sekali keuntungan yang di dapat setiap nasabah bank BRI ketika memanfaatkan layanan transfer antar bank menggunakan BI Fast. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang sudah pasti akan di dapat.

  • Dana akan masuk secara real time atau ketika notifikasi transfer berhasil, maka artinya saldo sudah masuk ke rekening penerima / tujuan.
  • Memungkinkan setiap nasabah bisa melakukan transfer tanpa harus menggunakan nomor rekening, melainkan nomor HP maupun alamat email.
  • Saat ini layanan BI Fast sudah bisa digunakan di platform mobile banking, internet banking serta konter / teller.
  • Fitur keamanan seperti Anti Pencucian Uang serta Pencegahan Pendanaan Terorisme sudah ditanamkan sehingga lebih aman.
  • Kecepatan transfer BI Fast jauh lebih baik, bahkan di klaim hanya butuh waktu kurang lebih sekitar 25 detik untuk pengiriman dana antara nasabah.
  • Biaya transfer jelas jauh lebih murah karena dengan menggunakan BI Fast biaya admin yang dikeluarkan hanya Rp 2.500 sedangkan transfer biasa sebesar Rp 6.500.

Cara Menggunakan BI Fast di BRImo

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan BI Fast serta keuntungan menggunakan layanan BI Fast saat melakukan transfer dana di BRImo seperti kami jelaskan di atas. Lantas bagaimana sih metode atau cara menggunakan BI Fast di BRImo saat ini transfer ke sesama / beda bank?.

Secara garis besar cara menggunakan BI Fast di BRImo tidaklah jauh berbeda dengan cara transfer dengan BI Fast di Livin by Mandiri. Namun agar kalian para pengguna BRImo lebih paham seperti apa langkah demi langkah perlu dilakukan, berikut sudah buatatm.com siapkan panduan lengkap yang dapat dijadikan sebagai referensi.

1. Buka Aplikasi BRImo

Buka Aplikasi BRImo

Langkah pertama silahkan kalian pastikan sudah memakai aplikasi BRImo versi terupdate / versi 2.23.1 saat artikel ini kami buat. Jika sudah silahkan buka aplikasi BRImo terinstal.

2. Login Aplikasi BRImo

Login BRImo

Setelah aplikasi berhasil kalian buka, lanjutkan dengan tap tombol Login seperti di atas kami tunjuk kemudian masukkan user id dan juga password akun BRImo masing-masing secara benar.

3. Pilih Menu Transfer

Pilih menu Transfer

Apabila sudah berhasil masuk ke akun masing-masing langsung saja kalian tap menu Transfer seperti kalian lihat pada gambar di atas.

4. Tambah Daftar Baru

Pilih Tambah Daftar Baru

Di halaman berikutnya silahkan kalian pilih menu Tambah Daftar Baru apabila memang nomor rekening akan di transfer belum pernah sama sekali kalian pakai. Atau jika memang sudah ada silahkan cari pada daftar transfer.

5. Pilih Bank Tujuan

Pilih Bank Tujuan

Apabila memilih buat daftar transfer baru, silahkan kalian tap pada bagian bank tujuan, dan silahkan cari bank yang akan menerima transfer dari kalian.

6. Pilih Metode BI Fast

Pililh BI Fast

Selesai pemilihan tersebut, tap pada bagian metode transfer dan pilih Transfer BI Fast seperti kami tunjuk di atas.

7. PIlih Nomor Rekening

Pilih Nomor Rekening

Kemudian tentukan metode transfer BI Fast. Sebagai informasi pada aplikasi BRImo tersedia 3 pilihan metode transfer BI Fast yakni:

  • Ke nomor rekening
  • Ke nomor handphone / HP
  • Ke alamat email

Untuk kali ini kami contohkan ke nomor rekening, jadi silahkan tap di bagian nomor rekening seperti di atas.

8. Masukkan Nomor Rekening Tujuan

Masukkan Nomor Rekening Tujuan

Terakhir silahkan masukkan nomor rekening tujuan sesuai bank yang telah kalian pilih dan pastikan nomor rekening sudah benar dan tap lanjutkan.

9. Masukkan Nominal Transfer

Masukkan Nominal Transfer

Jika sudah kalian akan dibawa ke halaman dimana disini kalian akan diminta untuk memasukkan nominal transfer, silahkan kalian isi / masukkan nominal transfer akan dilakukan.

10. Tap Transfer & Masukkan PIN

Tap Transfer

Langkah terakhir, silahkan konfirmasi detail transfer dengan melihat nama penerima dan juga nominal, pastikan disini nama dan nominal sudah benar. Apabila sudah tap tombol transfer dan masukkan 6 digit PIN BRImo dengan benar.

11. Transfer BRImo Pakai BRI Fast Berhasil

Transfer BRImo Pakai BI Fast Berhasil

Tunggu beberapa saat sampai proses berhasil, apabila tampilan seperti di atas sudah terlihat. Itu artinya cara menggunakan BI Fast di BRImo sudah berhasil dan transfer pun sudah masuk ke rekening tujuan.

FAQ

Bagiamana cara menggunakan BI Fast di BRImo?

Cukup lakukan transfer seperti biasa, namun kalian perlu memilih metode transfer BI Fast pada halaman detail transfer.

Berapa biaya transfer BRImo dengan BI Fast?

Rp 2.500 per transaksi.

Apakah transfer BI Fast langsung masuk?

Yah, BI Fast memiliki sistem real time selama 24 jam non-stop.

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa hadirnya BI Fast sebagai metode transfer baru, memungkinkan setiap nasabah bank BRI yang menggunakan BRImo akan dapat memperoleh biaya transfer murah dan cepat masuk.

Jadi ketika kalian saat ini sudah melakukan aktivasi BRImo tidak ada salahnya menjadikan metode BI Fast sebagai pilihan saat ingin melakukan transfer ke bank lain. Sekian dan semoga penjelasan yang sudah buatatm.com sampaikan bisa bermanfaat.

Sumber Gambar : admin buatatm.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.