Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi dari Penyebab dan Solusi

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi – Penerapan kartu ATM Chip sepertinya masih akan terus dilakukan bank BRI untuk setiap nasabahnya. Hal ini tentu saja untuk membuat kelancaran bertransaksi menggunakan kartu debit atau kartu ATM BRI makin lancar.

Dengan adanya penggunaan jenis ATM BRI chip, tidak saja hanya akan membuat setiap transaksi yang dilakukan semakin lancar. Namun juga akan menjadikan sistem keamanan semakin meningkat. Pun begitu sebagai bagian dari produk yang bekerja dengan sistem.

Penggunaan kartu ATM chip pun tidak terlepas dari adanya masalah. Bahkan baru-baru ini banyak sekali pengguna ATM BRI yang mengatakan bahwa chip ATM BRI tidak terdeteksi. Hal tersebut tentunya menjadikan mereka tidak bisa melakukan transaksi apapun baik itu finansial maupun non-finansial.

Jika kondisi ini kalian alami saat ingin melakukan transaksi penting, tentunya akan sedikit menjengkelkan. Dan jika kalian adalah salah satu pengguna bank BRI yang mengalami masalah ini. Kami harap kalian simak artikel buatatm.com ini sampai akhir.

Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi dari Penyebab dan Solusi

Karena seperti judul yang kami tulis di atas, disini akan kami bahas secara tuntas dan lengkap apa saja penyebab serta bagaimana solusi cara mengatasi chip ATM BRI tidak terdeteksi. Nah tanpa perlu panjang lebar lagi, mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Penyebab Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Terdapat beberapa faktor utama yang menyebabkan chip kartu ATM tidak terdeteksi saat kita akan melakukan transaksi finansial maupun non finansial. Nah beberapa faktor utama penyebab tersebut antara lain :

  1. Mesin ATM BRI sedang mengalami gangguan.
  2. Mesin ATM BRI sedang dalam masa pemeliharaan sistem (maintenance).
  3. Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena bagian chip ATM kotor.
  4. Atau bisa jadi karena Chip pada kartu ATM BRI rusak, baik tegores, terkelupas atau lainnya.

Beberapa kemungkinan di atas bisa saja terjadi, karena seperti kita ketahui. Tidak jarang banyak pemegang kartu debit BRI meletakkannya secara sembarangan dan membuat chip tergores tanpa sengaja.

Cara Mengatasi Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi

Jika kondisinya memang dikarenakan rusak pada bagian Chip, kami rasa satu-satunya jalan untuk bisa kembali dapat menggunakan kartu ATM tersebut yakni mendatangi kantor BRI terdekat untuk proses penggantian.

Karena tidak seperti BCA yang memiliki MESIN CS DIGITAL, BRI masih belum memiliki fasilitas ganti dan cetak kartu secara mandiri melalui CS Digital. Namun jika memang dikarenakan oleh faktor lain, maka di bawah ini adalah beberapa tips cara mengatasi chip ATM BRI tidak terdeteksi.

1. Lakukan Transaksi di Mesin ATM BRI Lain

Gunakan Mesin ATM BRI Lain
Advertisements

Solusi pertama paling mudah dan simple untuk kalian lakukan yakni dengan berpindah mesin ATM. Karena dari beberapa pengalaman serupa, masalah tersebut mereka bisa mengatasinya dengan berpindah ke ATM lain.

Kasus seperti ini biasanya karena kondisi mesin ATM yang kalian pakai sebelumnya mungkin sedang bermasalah atau sedang mengalami gangguan. Maka dari itu jika memang transaksi akan dilakukan cukup penting, segera pindah dan coba mesin ATM lainnya.

2. Gunakan Mesin CRM (Mesin Setor Tunai)

Gunakan Mesin CRM Mesin Setor Tunai

Solusi lain untuk mengatasi chip ATM BRI tidak terbaca berikutnya bisa kalian lakukan yaitu dengan memanfaatkan mesin CRM. Buat kalian yang belum tahu, mesin CRM adalah fasilitas dari bank BRI khusus diperuntukan bagi nasabah saat ingin setor tunai.

Hal ini bisa saja kalian lakukan, karena dari pengalaman pengguna kartu ATM BRI chip tidak bisa terdeteksi saat melakukan transaksi di ATM biasa. Saat melakukan transaksi di mesin CRM langsung jadi. Untuk mengetahuinya, kalian coba lakukan cek saldo.

3. Gunakan BRImo / iBanking BRI

Pakai BRImo

Cara lain untuk mengatasi chip ATM BRI tidak terdeteksi berikutnya adalah dengan menggunakan fasilitas transaksi lainnya. Termasuk salah satunya BRImo atau iBanking BRI.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir terjadinya masalah serupa. Kami sangat menganjurkan kalian sebagai nasabah BRI untuk segera DAFTAR BRIMO baik secara online maupun lewat kantor bank.

4. Bersihkan Chip Kartu ATM

Bersihkan Chip Kartu ATM

Dengan melihat serta mengacu pada beberapa penyebab chip ATM BRI tidak terdeteksi seperti di atas buatatm.com sampaikan. Tidak terdeteksinya chip juga bisa terjadi karena kondisi chip tersebut kotor.

Maka dari itu, tidak ada salahnya apabila kalian mengalami masalah serupa bersihkan terlebih dahulu bagian chip sampai benar-benar bersih. Kalian bisa menggunakan minyak kayu putih atau menggunakan penghapus.

5. Ganti Kartu ATM BRI

Ganti Kartu ATM BRI

Solusi terakhir yang dapat kalian gunakan ketika memang chip kartu ATM BRI tidak terdeteksi karena kondisi kartu ATM rusak. Maka segera lakukan penggantian ATM tersebut dengan mendatangi kantor bank BRI terdekat.

Namun pastikan ketika ingin melakukan penggantian kartu ATM di kantor bank untuk membawa beberapa berkas persyaratan. Termasuk diantaranya seperti KTP dan juga buku tabungan serta tentu saja ATM chip yang rusak.

FAQ

Kenapa Chip Kartu ATM BRI tidak terdeksi?

Biasa karena mesin ATM bermasalah, kartu ATM rusak/kotor, dan juga bisa karena sedang dalam perbaikan sistem.

Kartu ATM BRI Chip itu seperti apa?

Kartu ATM BRI Chip yakni atm yang sudah memiliki chip layaknya kartu perdana provider.

Bagaimana jika kartu ATM chip BRI tidak terdeteksi?

Kalian bisa menggunakan fasilitas mobile banking untuk melakukan transaksi yang akan dilakukan.

Dari penjelasan di atas, buatatm.com harap masalah ini akan dapat kalian selesaikan dengan mudah. Karena dari beberapa kasus serupa, solusi dan cara mengatasi masalah ini seperti apa yang sudah kami sampaikan serta jelaskan di atas.

Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *