Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Reversal Artinya Itu Apa ? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Reversal-Itu-Artinya-Apa-dan-Penjelasan-Lengkap

Reversal Artinya – Ada cukup banyak lembaga perbankan di Indonesia, dan hampir semuanya selalu berusaha dan berlomba memberikan fasilitas serta pelayanan terbaik mereka. Tujuan utamanya yaitu untuk bisa memberi rasa puas dan nyaman kepada setiap nasabah.

Mengacu pada visi serta misi tersebut, tidak bisa kita pungkiri bahwa sampai dengan saat ini berbagai macam fasilitas pelayanan nasabah pun terus ditingkatkan setiap perbankan. Tidak terkecuali fasilitas mobile banking, sms banking, dan juga fasilitas mesin ATM.

Bahkan dengan seiring perkembangan zaman serta teknologi yang ada, tidak sedikit dari perbankan di Indonesia juga terus memutakhirkan fasilitas-fasilitas yang sudah ada sebelumnya. Tidak terkecuali penawaran aplikasi mobile banking dan juga bank digital.

Pemberian semua fasilitas kemudahan layanan tersebut diberikan dengan tujuan untuk bisa memudahkan setiap transaksi yang akan dilakukan, seperti halnya transfer, cek saldo, cek mutasi maupun TARIK TUNAI. Akan tetapi berjalannya semua fasilitas tersebut dengan menggunakan sistem.

Reversal-Itu-Artinya-Apa-dan-Penjelasan-Lengkap

Tidak bisa kita pungkiri bahwa terkadang error dan masalah pun sering terjadi dengan informasi yang mungkin masih cukup awam dan belum bisa kita pahami. Termasuk ketika adanya notifikasi pesan bertuliskan keterangan Reversal. Lantas Reversal artinya itu apa sih?

Reversal Artinya Itu Apa?

Reversal-Artinya-Itu-Apa

Keterangan transaksi (Reversal) pada fasilitas perbankan bank biasanya akan muncul lewat notifikasi SMS ke nomor HP terdaftar di layanan SMS banking atau internet banking. Dan bagi kita pengguna “awam” mungkin mendapati notifikasi tersebut akan panik.

Akan ada banyak pertanyaan mungkin langsung muncul di benak kita termasuk masalah saldo apakah aman atau tidak dan apa penyebab Reversal serta apa yang dimaksud dengan Reversal atau reversal artinya apa.

Buat kalian jika penasaran dengan istilah reversal, sebenarnya Reversal artinya adalah sebuah pemberitahuan melalui SMS yang dikirimkan pihak perbankan terkait ke nomor HP nasabah yang terdaftar karena adanya kegagalan transaksi.

Kenapa Transaksi Saya Gagal Tapi Tidak Ada Notifikasi?

Kenapa-Transaksi-Saya-Gagal-Tapi-Tidak-Ada-Notifikasi
Advertisements

Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan terbaik, saat ini hampir semua perbankan di Indonesia termasuk BRI, BNI, BCA serta Mandiri & beberapa perbankan lainnya. Telah menetapkan kebijakan terkait notifikasi melalui SMS banking secara otomatis untuk keamanan.

Demanga begitu, notifikasi reversal sendiri akan langsung muncul saat proses transaksi gagal dilakukan. Namun hal paling perlu di ingat disini adalah tidak semua transfer maupun tarik tunai gagal akan mendapatkan notifikasi SMS.

Melainkan notifikasi kegagalan atau reversal tersebut hanya akan kita terima atau pihak bank kirim ke nasabah apabila kegagalan transaksi di atas Rp 500.000 ribu rupiah dari rekening tabungan. Jadi jika dibawah nominal tersebut maka reversal SMS banking tidak akan diterima.

Penyebab Kenapa Bisa Terjadi Reversal

Penyebab-Kenapa-Bisa-Terjadi-Reversal

Setelah mengetahui apa itu artinya Reversal seperti di atas buatam.com jelaskan. Mungkin ada dari kalian yang penasaran dengan penyebab transaksi gagal bisa terjadi dan muncul.

Buat hal tersebut, berikut ini sudah buatatm rangkum serta list beberapa faktor indikasi penyebab gagalnya transaksi terjadi saat transfer atau tarik tunai di mesin ATM BRI atau di perbankan lainnya.

1. Nomor Rekening Tujuan Salah

Penyebab pertama membuat transaksi gagal dilakukan biasanya karena kesalahan pengguna. Salah satunya salah memasukan nomor rekening tujuan. Hal tersebut artinya sistem tidak bisa melacak nomor rekening tujuan dan dianggap gagal.

2. Waktu Transaksi Habis (Time Out)

Sistem perbankan secara otomatis akan memberikan batas waktu untuk setiap jenis transaksi dilakukan nasabah. Hal tersebut merupakan salah satu sistem keamanan dari pihak bank. Nah saat batas waktu tersebut habis, otomatis transaksi pun akan dianggap gagal oleh sistem.

3. Outer

Penyebab lain munculnya pemberitahuan reversal melalui SMS ke nomor HP nasabah biasanya karena outer. Atau dalam istilah perbankan outer itu artinya nomor tujuan berada di luar wilayah jangkauan bank tersebut. Paling umum kegagalan karena outer dilakukan saat transfer menggunakan kode.

4. Adanya Gangguan Jaringan

Kemudian penyebab Reversal muncul juga bisa terjadi karena adanya gangguan dari pihak perbankan. Terutama pada jaringan milik mereka, sehingga ketika proses transfer atau tarik tunai di lakukan gagal. Itu artinya transaksi gagal juga bukan saja terjadi karena kesalahan pribadi.

Apakah Saldo Kita Aman?

Apakah-Saldo-Kita-Aman

Banyak dari kalian mungkin merasa khawatir saat mendapati notifikasi SMS transaksi gagal ketika telah melakukan transfer maupun tarik tunai di mesin ATM maupun lewat layanan mobile banking. Namun seperti pada penjelasan arti reversal pada bank seperti di atas kami sampaikan.

Bisa kita tarik kesimpulan bahwa kalian tak perlu merasa khawatir terhadap saldo yang ada di dalam rekening. Karena saldo di dalam rekening dipastikan aman 100%. Untuk memastikan saldo kalian utuh, ada baiknya kalian bisa lakukan CEK SALDO melalui beberapa layanan seperti:

  • Lewat mesin ATM
  • Lewat mobile Banking
  • Lewat SMS banking
  • dan Lewat Internet banking

FAQ

Apa artinya reversal di SMS Banking?

Reversal di SMS banking merupakan notifikasi pemberitahuan yang memberitahu nasabah bahwa transaksi yang telah dilakukan gagal.

Kenapa ATM reversal?

Karena adanya gangguan jaringan di sistem bank, salah memasukan nomor rekening tujuan, serta adanya outer atau jaringan yang tidak dalam wilayah cover bank.

Apakah saldo aman saat notifikasi reversal muncul?

Saldo di dalam rekening dipastikan aman 100%.

Untuk kalian yang mungkin sedang mengalami masalah seperti ini, kalian tidak perlu lagi merasa khawatir dan cemas. Karena seperti apa yang sudah buatatm.com jelaskan di atas, reversal artinya hanya terjadi kegagalan transaksi dan dipastikan saldo pun akan aman.

Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *