Cara Blokir ATM BNI yang Hilang

Cara Blokir ATM BNI yang Hilang Tanpa Ke Bank

Cara Blokir ATM BNI yang Hilang – Memiliki kartu ATM sebagai nasabah bank sepertinya sudah menjadi keharusan di era seperti sekarang ini. Pasalnya dengan adanya fasilitas kartu ATM, kita akan dapat dengan mudah melakukan berbagai macam hal, termasuk di antaranya aktivitas transaksi.

Baik meliputi transaksi finansial seperti transfer, tarik tunai dan setor tunai atau juga transaksi non finansial, seperti cek saldo, cetak mutasi dan juga lain sebagainya. Dan menariknya, hampir semua bank di tanah air pun sudah memberi fasilitas tersebut kepada setiap nasabahnya, termasuk bank BNI.

Jadi ketika melakukan PEMBUKAAN REKENING BNI, setiap nasabah nantinya akan mendapatkan sebuah kartu ATM sebagai fasilitas perputaran uang yang dapat dilakukan melalui mesin ATM. Bisa dibilang menjadi kunci utama untuk dapat melakukan transaksi, sudah pasti kondisi dan juga kartu fisik ATM BNI harus selalu di jaga.

Meski begitu penting, akan tetapi tidak sedikit masyarakat yang sering mengalami masalah, baik itu lupa pin, kartu ATM rusak, tertelan, atau bahkan hilang karena keteledoran sendiri atau dicuri. Pertanyaanya lantas bagaimana jika ATM BNI hilang? apakah ada hal yang perlu untuk dilakukan?.

Cara Blokir ATM BNI yang Hilang Tanpa Ke Bank
Advertisements

Hampir semua bank termasuk BNI sangat menyarankan untuk segera memblokir ATM BNI saat hilang, dicuri atau tertelan. Sebab keamanan data akan langsung terkunci sehingga lebih aman. Oleh karena itu, sesuai judul kali ini akan kami bahas secara detail dan lengkap cara blokir ATM BNI yang hilang.

Dimana Kita Bisa Blokir ATM BNI?

Dimana Kita Bisa Blokir Kartu ATM BNI
Advertisements

Untuk dapat melakukan blokir ATM, setidaknya kalian harus mendatangi kantor bank BNI pusat ataupun cabang di wilayah masing-masing. Nantinya customer service bank BNI akan membantu proses pemblokiran ATM BNI yang hilang.

Namun selain langsung mendatangi kantor bank BNI terdekat, ternyata kalian juga bisa blokir ATM BNI sendiri tanpa harus ke bank. Melainkan memanfaatkan layanan call center BNI, aplikasi mobile banking BNI serta internet banking BNI.

Syarat Blokir ATM BNI

Syarat Blokir ATM BNI yang Hilang
Advertisements

Sama seperti pada saat proses pembuatan ATM BNI, saat ingin melakukan blokir kartu ATM yang hilang pun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yang dimana syarat ini diperlukan untuk kepentingan perbankan dan juga validasi kepemilikan kartu ATM tersebut.

Jadi sebelum melakukan pemblokiran, mungkin kalian perlu menyiapkan beberapa syarat di bawah ini.

  1. Buku rekening dari kartu ATM yang hilang tersebut.
  2. Nama lengkap pemilik rekening (identitas diri).
  3. Nama ibu kandung pemilik rekening.
  4. Tanggal lahir.
  5. Serta pulsa / paket data (untuk telepon dan akses aplikasi BNI Mobile).
  6. Akun BNI Mobile / Internet banking BNI (jika ada).

Cara Blokir ATM BNI yang Hilang

Cara blokir ATM BNI yang hilang dapat dilakukan baik dengan mendatangi kantor bank BNI terdekat atau juga bisa dilakukan tanpa ke bank sama sekali. Nah sesuai judul di atas, di bawah ini adalah beberapa cara blokir ATM BNI yang hilang tanpa ke bank.

1. Melalui Call Center

Blokir ATM BNI Lewat Call Center
Advertisements

Cara pertama bisa digunakan untuk secepatnya blokir ATM ketika hilang yakni dengan memanfaatkan layanan call center BNI. Metode ini mengharuskan kalian mengeluarkan biaya untuk membeli pulsa. Karena saat ini layanan call center BNI sendiri tidak bebas pulsa. Jadi berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama siapkan pulsa setidaknya Rp 30 ribu rupiah untuk telepon call center BNI.
  2. Lakukkan panggilan melalui nomor HP kalian masing-masing ke nomor 1500046.
  3. Saat terhubung dan ada beberapa pilihan menu, pastikan memilih untuk layanan bicara langsung dengan customer service.
  4. Saat sudah terhubung dengan customer service, segera ceritakan maksud serta tujuan kalian untuk melakukan blokir kartu ATM kepada customer service.
  5. Untuk melanjutkan proses, biasanya pihak customer akan meminta beberapa data termasuk di antaranya, nomor rekening ATM, nama rekening, serta nama ibu kandung sebagai bagian dari validasi data.
  6. Jika semua data yang diminta sesuai dan cocok, maka petugas customer service pun akan segera membantu proses pemblokiran ATM BNI kalian.

2. Lewat Internet Banking BNI

Selain melalui layanan call center BNI seperti di atas buatatm.com sampaikan. Ternyata cara blokir ATM BNI yang hilang tanpa ke bank juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan metode Internet Banking BNI. Untuk kalian yang tertarik menggunakan metode ini, berikut adalah cara dan langkahnya.

  1. Langkah pertama silahkan kalian buka situs resmi IB BNI di https://ibank.bni.co.id/ menggunakan HP ataupun Laptop.
  2. Setelah itu silahkan login dengan menggunakan UserID dan Password IB BNI masing-masing dan masukan kode captcha yang ada lalu tap Login.
  3. Setelah berada pada halaman utama, pilih menu Permohonan Layanan.
    1 Pilih menu Permohonan Layanan
  4. Lalu di halaman tersebut, silahkan tap/klik menu blokir kartu debit.
    2 Pilih Blokir Kartu Debit
  5. Lanjutkan dengan memilih rekening dari ATM BNI yang akan diblokir dan tap lanjut.
    3 Pilih Rekening
  6. Sampai disini pilih kartu debit yang kalian ingin blokir dan klik Blokir Kartu.
    4 Pilih Kartu Debit
  7. Setelah itu masukkan alasan pemblokiran kartu debit dan masukkan kode challenge serta kode otentikasi yang terlihat di layar lalu tap lanjut.
    5 Masukkan Alasan
  8. Tunggu dan proses blokir ATM BNI tanpa ke bank pun berhasil dilakukan.

3. Lewat BNI Mobile

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk blokir ATM BNI yang hilang berikutnya yakni dengan memanfaatkan aplikasi mobile banking BNI atau BNI Mobile. Sama seperti cara di atas, cara ini juga bisa dilakukan apabila kalian sudah memiliki akun BNI Mobile. Sedangkan untuk langkah-langkahnya dapat dilakukan dengan cara:

  1. Buka aplikasi BNI mobile yang ada pada HP masing-masing, pastikan sudah memakai versi terbaru.
  2. Lakukan login dengan UserID dan MPIN / gunakan sidik jari pada versi aplikasi terbaru.
    1 Login BNI Mobile
  3. Setelah berhasil masuk, pilih menu pengaturan di pojok kanan bawah.
    2 Pilih Pengaturan
  4. Lalu tap menu blokir kartu debit.
    3 Pilih Blokir Kartu Debit
  5. Pilih rekening dari ATM BNI yang hilang dan tap lanjut.
    4 Pilih Rekening
  6. Konfirmasi data blokir yang muncul seperti berikut lalu tap Lanjut jika memang sudah sesuai.
    5 Konfirmasi Data
  7. Pada halaman validasi silahkan kalian pilih satu alasan pemblokiran.
    6 Selesaikan Proses Validasi
  8. Kemudian untuk menyelesaikan pemblokiran, selesaikan proses validasi dengan memasukan password transaksi dan tap Lanjut.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika kartu ATM hilang?

Segera lakukan pemblokiran kartu ATM agar data lebih aman.

ATM BNI hilang apakah saldo aman?

Jika proses blokir segera kalian lakukan bisa dipastikan saldo di dalam rekening ATM BNI yang hilang akan aman.

Bagaimana cara blokir ATM BNI yang hilang?

Blokir ATM BNI yang hilang bisa dilakukan dengan mendatangi kantor bank BNI, lewat call center, layanan internet banking BNI serta mobile banking BNI / BNI mobile.

Lewat cara blokir ATM BNI yang hilang di atas, setidaknya kalian tidak perlu datang ke kantor BNI terdekat untuk mengurusnya. Dan hal ini bisa dimanfaatkan untuk sesegera mungkin melakukan pemblokiran saat ATM hilang.

Namun dari beberapa cara di atas, mengharuskan setiap nasabah sudah memiliki layanan BNI Mobile atau internet banking BNI. Oleh karena itu jika saat ini kalian masih memegang ATM BNI, sebaiknya segera DAFTAR BNI MOBILE untuk berjaga-jaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *