Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

8 Cara Cek Mutasi GoPay di Aplikasi Gojek & Fungsinya

Cara-Cek-Mutasi-GoPay-Beserta-Penjelasan-Fungsi-dan-Format

Cara Cek Mutasi GoPay – Di era digitalisasi seperti sekarang, fasilitas dompet digital sebagai alat pembayaran memang menjadi solusi praktis untuk semua transaksi. Terlebih beberapa dompet digital yang ada kini telah terintegrasi dengan berbagai macam layanan pembayaran baik online maupun offline.

Salah satu dari sekian banyaknya dompet digital / e-Wallet yang bisa dibilang sudah mendukung hampir semua transaksi pembayaran yaitu GoPay. Yapz, GoPay sendiri merupakan alat pembayaran yang secara resmi dirilis dan dihadirkan Gojek untuk memudahkan para konsumen membayar layanan mereka.

Dengan GoPay setiap pengguna akan dapat melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang cash baik itu melalui metode scan kode QR ataupun metode transfer. Namun untuk metode transfer, setidaknya para pengguna GoPay harus sudah melakukan upgrade akun ke versi Plus agar semua fitur termasuk transfer bisa diakses.

Menariknya lagi, semua transaksi dilakukan melalui GoPay ini akan tercatat dan tersimpan secara otomatis di dalam daftar riwayat maupun mutasi GoPay. Dengan begitu kalian akan dapat dengan mudah melacak dan mencari semua mutasi telah dilakukan.

Cara-Cek-Mutasi-GoPay-Beserta-Penjelasan-Fungsi-dan-Format

Sayangnya meski bisa dibilang bagian cukup penting dan harus kalian ketahui, namun tidak semua pengguna GoPay bisa melakukan pengecekan mutasi / riwayat transaksi GoPay. Oleh karena itu, di bawah ini akan buatatm.com rangkum fungsi, jenis dan cara cek mutasi GoPay bisa kalian ikuti.

Jenis Mutasi GoPay

Sebelum kita melanjutkan pembahasan bagaimana cara cek mutasi GoPay, perlu diketahui bahwa semua jenis transaksi yang dilakukan lewat GoPay akan otomatis tercatat dan terekam. Jadi tidak heran apabila di dalam fitur mutasi GoPay / riwayat akan ada beberapa jenis mutasi bisa kalian lihat.

Buat kalian pengguna baru dalam penggunaan GoPay, berikut ini adalah beberapa jenis mutasi rekening GoPay yang mungkin akan dapat kalian lihat pada halaman cek mutasi.

  1. Transfer : Semua jenis transaksi transfer atau pemindahan saldo dari rekening GoPay ke sesama GoPay ataupun ke rekening bank.
  2. Pembayaran : Semua bentuk transaksi yang dilakukan untuk membayar tagihan bulanan / pembayaran Gojek dan merchant seperti Tokopedia dan lainnya.
  3. Top Up : Nah ini adalah jenis mutasi GoPay untuk memperlihatkan detail pengisian saldo setelah dilakukan.
Baca  10 Cara Cek Saldo GoPay 2021 (Prakerja, Customer & Merchant)

Fungsi Mutasi GoPay

Fungsi-Mutasi-GoPay
Advertisements

Sama seperti MUTASI BANK BCA, sebenarnya semua fungsi mutasi pada jenis rekening apapun itu termasuk rekening ponsel atau dompet digital sama. Dimana fungsi utama mutasi rekening GoPay sendiri antara lain sebagai:

  1. Menjadi bagian dari laporan segala bentuk aktivitas keuangan (saldo GoPay) di dalam rekening kalian.
  2. Mengetahui keluar masuknya saldo rekening GoPay dimiliki.
  3. Sebagai pengontrol dan pembatasan penggunaan saldo GoPay agar tidak melewati batas yang telah kalian tentukan.
  4. Sebagai bukti laporan kepada pihak GoPay apabila terjadi masalah terkait saldo ataupun transaksi tidak wajar.

Isi & Format Mutasi GoPay

Isi-dan-Format-Mutasi-GoPay

Sebelum masuk ke tutorial cara cek mutasi GoPay seperti point utama pembahasan kita kali ini. Tidak ada salahnya jika buatatm memberikan sedikit gambaran isi atau format mutasi rekening GoPay. Dengan begitu kalian akan bisa mengetahui apa saja rincian yang terdapat di dalam history transaksi / mutasi GoPay tersebut.

  • Jenis Transaksi : Pembayaran / Top Up / Transfer
  • Status : Info berhasil atau tidaknya transaksi tersebut
  • Waktu : Detail jam transaksi dilakukan
  • Tanggal : Tanggal transaksi dilakukan
  • ID Transaksi : Identitas transaksi GoPay dipakai untuk memudahkan pelacakan.
  • Order ID : Data/kode unik dibuat oleh merchant untuk mengidentifikasi pesanan user (pengguna GoPay).
  • Jumlah : Nominal saldo GoPay masuk/terpakai
  • Total : Rincian total saldo GoPay terpakai / bertambah setelah terpotong promo atau voucher

Cara Cek Mutasi GoPay di Aplikasi

Dengan begitu pentingnya mengenai informasi tentang mutasi GoPay seperti di atas sudah buatatm.com jelaskan. Lantas bagaimana sih cara cek mutasi GoPay di aplikasi Gojek? Nah buat yang baru menggunakan GoPay atau bahkan belum mengetahui cara cek riwayat transaksi GoPay.

Berikut ini adalah tutorial lengkap cara cek mutasi GoPay disertai dengan gambar panduan untuk memudahkan proses cek mutasinya.

1. Buka Gojek

Langkah pertama silahkan buka kemudian login aplikasi Gojek dan pastikan telah menggunakan aplikasi versi terbaru. Jika memang belum segera update ke versi terbaru lewat Play Store atau App Store.

1 Buka Gojek

2. Pilih Menu GoPay

Ketika aplikasi telah terbuka, kalian akan langsung melihat banyak menu untuk bisa digunakan. Nah untuk mulai melakukan cek mutasi GoPay atau riwayat penggunaan saldo GoPay, silakan tap saldo GoPay yang terlihat.

2 Pilih Menu GoPay

3. Tampilan Riwayat Mutasi

Saat pertama kali masuk ke halaman ini, kalian akan melihat begitu banyak jenis mutasi yang telah dilakukan selama penggunaan aplikasi GoPay berlangsung seperti berikut ini.

3 Semua Jenis Transaksi Terlihat

4. Filter Pencarian Mutasi

Untuk menemukan mutasi saldo GoPay, di versi aplikasi Gojek terbaru telah dilengkapi adanya menu filter yang bisa kalian pakai untuk memudahkan proses pencarian ID transaksi Gopay atau mutasi GoPay yang dibutuhkan.

Baca  7 Cara Cek ID Transfer GoPay di Aplikasi Gojek & Fungsinya

Pada bagian ini setidaknya ada 3 opsi pemilihan filter pencarian. Ketiga opsi tersebut yakni:

  • Filter Tanggal : Pilihan tanggal mutasi dari 7 hari, 30 hari, 90 hari atau manual.
    Filter Tanggal
  • Filter Layanan : Jenis layanan yang ingin kalian cek mutasi, contohnya GoRide, GoFood, GoCar atau lainnya.
    Filter Jenis Layanan
  • Metode : GoPay, GoPaylater, Credit & Debit Car, LinkAja, BCA, GoCorp & Jago.
    Filter Metode

5. Pilih Salah Satu Transaksi

Setelah kalian memilih serta memasukkan filter pencarian untuk mempersempit hasil mutasi GoPay. Silahkan cari dan temukan mutasi ingin di cek. Kemudian untuk cek detail mutasinya silahkan klik salah satu hasil pencarian.

5 Pilih Salah Satu Mutasi

6. Detail Mutasi Pun Terlihat

Maka secara otomatis detail mutasi atau mutasi GoPay pun terlihat dengan jelas seperti gambar di bawah ini.

6 Detail Mutasi Terlihat

FAQ

Dimana saya bisa melihat mutasi GoPay?

Kalian bisa langsung masuk ke menu saldo GoPay di aplikasi Gojek versi terbaru untuk dapat melihat mutasinya.

Mutasi GoPay untuk Apa?

Sebagai bagian dari bentuk laporan penggunaan saldo Gopay dan juga sebagai pelengkap kebutuhan laporan penyelesaian masalah saat terjadi gangguan kepada pihak GoPay.

Itu dia penjelasan mengenai cara cek mutasi GoPay langsung di aplikasi Gojek yang kali ini dapat buatatm.com rangkum dan sampaikan. Semoga informasi tersebut bisa menjadi referensi dan menjadi gambaran mudahnya cara cek mutasi atau riwayat transaksi GoPay.

Prameswari Mantan Pegawai Bank yang Saat Ini Aktif Menulis di Blog Ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *