8 Cara Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos : Syarat dan Biaya

Cara Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos

Cara Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos – Transfer uang memang menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan oleh beberapa orang di setiap harinya. Sejak adanya fasilitas mesin ATM dan juga M Banking, memang sangat memudahkan mereka untuk melakukan berbagai macam transaksi, salah satunya adalah transfer. Berbicara mengenai transfer, walaupun teknologi saat ini sudah bisa dikatakan maju seperti dengan menyediakan layanan M Banking maupun Internet Banking, namun Western Union tidak bisa kita kesampingkan.

Karena masih banyak orang yang membutuhkan layanan ini, contohnya mereka yang berada di luar negeri atau orang-orang yang memang masih buta dengan teknologi digital Banking seperti sekarang ini. Membahas mengenai Western Union, sebelumnya kita sudah sempat membahas mengenai bagaimana cara mengirim uang lewat Western Union. Nah di pertemuan kali ini kami akan memberikan informasi terkait cara mengambil uang Western Union di Kantor Pos. Namun sebelum kita berlanjut ke pembahasan lebih dalam, kalian harus mengetahui lebih apa itu Western Union.

Western Union adalah salah satu penyedia layanan pengiriman uang antar negara yang paling populer, meski sebenarnya, Western Union juga melayani pengiriman uang dari dalam negeri. Melalui layanan ini, kalian tidak perlu membuka rekening bank untuk mengirim atau menerima uang, lain halnya dengan bank. Kalian hanya perlu menunjukkan kartu identitas saja untuk mengirim uang atau menerima uang lewat Western Union. Western Union atau WU ini juga kerap menjalin kerjasama dengan Kantor Pos. Dimana orang-orang nantinya bisa mengambil kiriman uang dari teman atau kerabat dengan mendatangi langsung Kantor Pos terdekat.

Untuk mengambil uang Western Union di Kantor Pos, kalian tentu harus mengetahui lebih dulu apa saja syarat yang diperlukan dalam hal ini, agar nantinya tidak kebingungan ketika akan mengambilnya. Informasi ini akan sampaikan nanti bersamaan dengan pembahasan utama kali ini. Selain itu kami juga akan membagikan beberapa informasi yang tak kalah penting lainnya seperti biaya admin yang dibebankan ketika mengambil uang WU di Kantor Pos. Baiklah daripada penasaran seperti apa penjelasannya, langsung saja simak informasi menarik mengenai syarat dan cara mengambil uang WU di Kantor Pos yang telah buatatm.com siapkan berikut ini.

Cara Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos

Syarat Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos

Seperti sudah kami singgung sedikit diatas bahwasanya disini kalian harus mengetahui bahwa untuk mengambil uang kiriman Western Union di Kantor Pos memerlukan beberapa syarat. Nah adapun syarat yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  • Melakukan Cap Tiga Jari
  • Fotokopi KTP/SIM aktif
  • Alamat tertera di KTP dan SIM harus dalam Kota yang sama dengan lokasi Kantor Pos
  • Mengisi formulir pengambilan uang

Setelah itu, kalian juga nantinya akan diminta untuk mengisi formulir pengambilan uang. Di dalam formulir tersebut, kalian wajib untuk melengkapi kolom seperti berikut.

  • Nama Lengkap Pengirim Uang
  • Alamat pengirim
  • Nomor MTCN (Money Transfer Control Number)

Diantara ketiga diatas, paling penting yang harus diisi adalah MTCN. MTCN melupakan password untuk mencairkan atau mengambil uang di Western Union. Jika kalian ingin mengetahui seperti apa tampilan formulir pengambilan Western Union, kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

Formulir Pengambilan Uang Western Union

Cara Mengambil Uang Western Union di Kantor Pos

Setelah mengetahui informasi diatas mengenai syarat mengambil uang WU di Kantor Pos, berikutnya kita akan masuk ke prosedur mengambil uang di Kantor Pos, Ada beberapa langkah yang harus kalian perhatikan disini, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengisi Formulir Pengambilan Uang

Pertama kalian tentu harus mengisi formulir pengambilan uang terlebih dahulu. Biasanya formulir tersebut terletak di depan atau di lokasi dekat dengan loket Kantor Pos. Isi formulir tersebut dengan lengkap dan benar, mulai dari nama, nama pengirim, alamat pengirim, jumlah uang dan nomor MTCN.

2. Fotokopi KTP & SIM

Penting diketahui bahwa disini kalian harus menyiapkan fotokopi 2 identitas diri seperti KTP dan juga SIM yang masih aktif. Kemudian Kantor Pos juga bisa mencairkan uang dari WU apabila alamat KTP dan SIM yang digunakan berada dalam satu kota yang sama dengan lokasi Kantor Pos.

3. Serahkan ke Loket

Jika semuanya sudah selesai, kalian bisa menyerahkan formulir serta kartu identitas diri yang sudah di fotokopi ke bagian loket dan tunggu sampai nama kalian dipanggil. Setelah dipanggil, kalian bisa menuju ke loket dan uang sudah bisa diambil.

Biaya Administrasi

Dan untuk menutup pembahasan kali ini terkait cara mengambil uang Western Union di Kantor Pos adalah mengenai besaran biaya admin yang dibebankan. Jika kalian baru pertama kali mengambil uang Western Union di Kantor Pos, tentu kalian mencari info mengenai biaya admin bukan? Penting diketahui bahwa untuk mengambil uang Western Union di Kantor Pos, kalian tidak akan dikenai biaya admin sepeser pun alias gratis. Maka dari itu kami sendiri sangat merekomendasikan Kantor Pos untuk pengambilan kiriman uang dari WU tersebut.

Berbeda halnya dengan beberapa agen Western Union yang membebani biaya administrasi ketika mengambil uang tersebut. Biaya yang dibebankan juga mengikuti jumlah uang yang dikirim, adapun lengkapnya bisa kalian lihat biaya ambil uang WU di agen online berikut ini.

  • Rp 100.000 – Rp 999.000 = Rp 20.000
  • Rp 1.000.000 – Rp 4.999.000 = Rp 50.000
  • Rp 5.000.000 – Rp 9.999.000 = Rp 100.000
  • Rp 10.000.000 – Rp 14.999.000 = Rp 130.000
  • Rp 15.000.000 – Rp 19.999.000 = Rp 150.000
  • Rp 20.000.000 – Rp 24.999.000 = Rp 200.000

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait cara mengambil uang WU di Kantor Pos, disini bisa kami tarik kesimpulan bahwasanya Kantor Pos menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk pengambilan uang WU. Selain prosesnya mudah, kalian juga tidak akan dikenai biaya administrasi alias gratis. Jadi uang yang kalian ambil akan penuh tidak dikurangi seperti pengambilan di agen WU online lain seperti kami sebutkan diatas.

Itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara mengambil uang Western Union di Kantor Pos. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat buatatm.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian yang bingung mengenai bagaimana cara ambil uang WU di Kantor Pos.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.