√ Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang ? Penyebab & Cara Mengatasi

Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang

Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang – Aktivitas transfer sesama perbankan ataupun antar perbankan mungkin menjadi salah satu aktivitas transaksi keuangan yang sering kali dilakukan oleh para nasabah seluruh Bank yang ada di dunia ini. Namun terkadang ada beberapa nasabah yang kerap mengalami masalah ketika transfer, dimana transfer uang ke rekening sesama maupun antar bank yang gagal namun saldo berkurang. Masalah seperti ini belum lama ini dikeluhkan oleh salah satu nasabah Bank BNI, dimana transfer yang dilakukan antar bank tidak kunjung diterima oleh rekening penerima dan saldo sudah berkurang. Hal ini tentu menjadi kecemasan tersendiri bagi mereka yang mengalami masalah ini.

Salah satu dari tim buatatm.com juga pernah mengalami kasus seperti ini. Jadi, ketika selesai melakukan transfer, akan ada struk yang berisi bukti transfer BNI berhasil. Namun setelah di cek ke rekening si penerima, saldo yang ditransfer tetap tidak kunjung masuk, padahal saldo di rekening pengirim sudah terpotong. Kenapa untuk sistem sekelas Bank BNI yang merupakan Bank BUMN bisa mengalami masalah seperti demikian? Terkait sistem, kami rasa pihak Bank BNI memiliki sistem terbaik, hanya saja error seperti ini memang tidak bisa terelakkan. Untuk itu kita harus menyelidiki dulu apa yang menjadi penyebabnya.

Mengenai pembahasan kali ini, buatatm.com akan menjelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasi transfer BNI gagal tapi saldo berkurang. Terkait masalah ini beberapa waktu lalu, pihak Bank BNI tentunya banjir keluhan dari para nasabah. Namun pihak BNI sendiri menyatakan bahwa untuk sampai saat ini tidak ada masalah pada sistem BNI. Kemudian pihaknya juga melanjutkan bahwa kemungkinan besar masalah transfer BNI gagal atau tertunda dan saldo berkurang ini disebabkan karena adanya gangguan pada sistem Switching, perusahaan transaksi antar bank.

Mengenai permasalahan tersebut, kalian tentu akan bertanya-tanya mengenai apa itu jaringan Switching pada transaksi antar bank. Jaringan Switching ini bisa dikatakan merupakan perantara yang akan melakukan transfer antar bank. Salah satu pelopor jaringan Switching adalah PT Artajasa Pembayaran Elektronis. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi transfer BNI gagal tapi saldo berkurang yang telah buatatm.com siapkan berikut ini.

Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang

Penyebab Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang

Pada pembahasan awal, disini kami akan menjelaskan lebih dulu terkait penyebab mengap transfer BNI gagal tapi saldo berkurang. Transfer BNI ke antar bank namun saldo berkurang ini sebenarnya hanya tertunda saja. Nah, namun kebanyakan nasabah yang khawatir akan hal ini menganggap bahwa transfer yang dilakukan salah kirim. Namun disini sebenarnya kita bisa mengecek lebih dulu struk bukti transfer BNI melalui layanan Mobile Banking atau struk kertas ketika transfer melalui ATM. Disana akan terlihat apakah transfer berhasil atau gagal.

Dari informasi tersebut kita bisa langsung mengetahui bahwa transfer sebenarnya telah berhasil. Untuk kegagalan transfer biasanya akan langsung muncul ketika kita selesai memasukkan PIN BNI Mobile, internet banking maupun ATM kita. Ketika terjadi masalah seperti ini, seperti dijelaskan diatas bahwa untuk transfer antar bank biasanya pihak bank akan melakukan kerjasama dengan jaringan Switching yang merupakan perantara. Jaringan Switching yang cukup populer di Indonesia adalah PT Artajasa Pembayaran elektronis.

Jadi, nantinya perusahaan jaringan Switching tersebutlah yang akan melakukan pengiriman uang dari rekening bank tersebut ke rekening bank lain (antar bank). Apabila terjadi masalah transfer tertunda yang menyebabkan saldo berkurang, sudah dapat dipastikan masalah ini terjadi karena adanya sistem error pada perusahaan jaringan Switching tersebut. Maka dari itu pihak Bank BNI juga menyatakan bahwa sistem di layanan BNI selama ini tidak ada kendala sedikit pun. Nah dari penjelasan ini kita bisa tahu bahwa penyebab utama transfer BNI gagal tapi saldo berkurang adalah karena ada sistem error di jaringan Switching tersebut.

Cara Mengatasi Transfer BNI Gagal Tapi Saldo Berkurang

Berikutnya kita akan membahas mengenai seperti apa cara mengatasi transfer BNI tertunda tapi saldo berkurang. Terkait permasalahan ini, sesuai dengan pengalaman salah satu dari tim buatatm.com, disini kalian bisa mencoba untuk langsung menghubungi Call Center Bank BNI di nomor 1500046. Setelah terhubung dengan Customer Service, kalian bisa sampaikan keluhan kalian terkait permasalahan ini. Sebutkan juga informasi seperti nomor rekening pengirim, nomor rekening penerima, jam transfer, besaran transfer dan beberapa informasi lain yang diminta oleh CS.

Setelah CS mendapatkan semua informasi tersebut, nantinya keluhan akan langsung ditanggapi dengan sigap oleh CS BNI tersebut. Nah terkait waktu prosesnya, biasanya akan memakan waktu 3 hari sampai selambat-lambatnya 7 hari kerja. Jika dalam kurun waktu tersebut dana transfer tetap tidak masuk, kalian bisa mendatangi kantor BNI setempat untuk proses lebih lanjut.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas, disini bisa kami tarik kesimpulan bahwa masalah transfer BNI gagal tapi saldo berkurang sebenarnya bukan gagal, hanya saja tertunda karena ada masalah pada sistem Switching. Untuk mengatasi hal ini, kami sarankan untuk sesegera mungkin menghubungi Call Center BNI agar segera ditindak lanjuti. Jika tetap tidak ada hasil, kalian bisa mendatangi kantor BNI setempat.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai penyebab dan cara mengatasi transfer BNI gagal tapi saldo kurang. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat buatatm.com sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi ketika kalian mengalami masalah transfer BNI antar bank gagal namun saldo tetap berkurang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.