√ Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai ? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai – Kartu ATM adalah salah satu fasilitas perbankan yang diberikan kepada semua nasabah bank BNI maupun bank lain. Dengan memiliki kartu ATM, para nasabah tentunya bisa melakukan transaksi dengan mudah melalui mesin ATM. Seperti diketahui juga bahwa Bank BNI tidak hanya memberikan fasilitas berupa kartu ATM saja untuk keperluan transaksi, namun ada juga fasilitas digital perbankan seperti Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking dan lain sebagainya. Dari segi kemudahan, layanan Digital Banking memang lebih mudah digunakan dibandingkan kartu ATM.

Terlebih lagi dari segi efisiensi waktu juga Digital Banking lebih diunggulkan dalam hal ini. Akan tetapi masih ada juga nasabah yang belum bisa menggunakan layanan Digital Banking tersebut, sehingga mereka tentu akan lebih memilih menggunakan kartu ATM sebagai alat transaksi sehari-hari mereka. Seperti kebanyakan bank-bank lainnya, Bank BNI juga menghadirkan beberapa jenis kartu ATM BNI yang bisa dipilih oleh nasabah ketika melakukan pembukaan rekening. Jenis tersebut meliputi Kartu ATM Gold, Silver, Platinum, Taplus, TabunganKu, Simpanan Pelajar dan masih ada lagi beberapa lainnya.

Aktivitas transfer, penarikan tunai BNI, pembayaran, pembelian juga bisa dilakukan melalui mesin ATM menggunakan kartu ATM BNI. Akan tetapi ada beberapa nasabah yang mengalami masalah ketika melakukan transaksi menggunakan kartu ATM BNI mereka, dimana ATM BNI tidak bisa tarik tunai. Kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Penting diketahui bahwa masalah ini tentu berkaitan dengan ATM BNI tidak valid seperti sudah kami singgung di pembahasan sebelumnya. Poin tersebut menjadi salah satu faktor penyebab kenapa ATM BNI tidak bisa penarikan tunai.

Penyebab menjadi salah satu yang paling penting untuk diketahui, agar nantinya solusi pemecahan masalah ini bisa didapat dengan mudah. Namun kebanyakan pertanyaan kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai, solusi pasti agar bisa digunakan kembali adalah dengan meminta bantuan kepada pihak bank terkait. Karena bisa dikatakan hampir semua penyebab akan mengharuskan nasabah meminta bantuan kepada pihak bank terkait. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai, di bawah ini bisa langsung kalian simak informasinya yang telah kami siapkan berikut ini.

Penyebab ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Pada pembahasan pertama, kami akan memberikan informasi lebih dulu terkait penyebab kenapa ATM BNI tidak bisa penarikan tunai. Ya, tarik tunai memang menjadi salah satu aktivitas nasabah yang kerap dilakukan di setiap harinya. Nah ketika terjadi masalah tidak bisa tarik tunai, maka sudah dipastikan ada beberapa penyebabnya. Nah untuk penyebab tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca  √ Limit Transfer BNI Sesama & Bank Lain 2022 : ATM, Mobile & SMS

1. ATM BNI Rusak

Penyebab pertama bisa juga dikarenakan kondisi kartu ATM pengguna sudah rusak. Kerusakan kartu ATM biasanya terjadi pada bagian chip yang sudah kotor atau tergores. Ini menjadikan sistem pada mesin ATM tidak bisa membaca sehingga bukan hanya tidak bisa digunakan untuk tarik tunai saja, bahkan untuk melakukan transaksi lainnya pun akan sulit dilakukan.

2. ATM BNI Terblokir

Penyebab kedua adalah karena ATM BNI pengguna terblokir. ATM terblokir ini bisa dikarenakan pengguna salah memasukkan nomor PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Selain itu juga bisa dikarenakan adanya tindak mencurigakan sehingga pemblokiran akan dilakukan sepihak oleh Bank BNI.

3. Saldo Rekening Tidak Mencukupi

Sebelum melakukan transaksi tarik tunai, kami sarankan lebih dulu untuk memastikan bahwa saldo di rekening BNI tersedia dan mencukupi. Jika saldo di rekening tidak tersedia maka dapat dipastikan kalian tidak bisa melakukan tarik tunai.

4. Mesin ATM Kehabisan Uang

Selain beberapa penyebab diatas, kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai bisa juga dikarenakan mesin ATM tempat kalian melakukan penarikan tunai sudah kehabisan uang. Ketika terjadi seperti ini, biasanya layar akan memunculkan informasi bahwa mesin sudah kehabisan uang sehingga tarik tunai sementara waktu belum bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Kenapa ATM BNI Tidak Bisa Tarik Tunai

Apabila semua penyebab kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai diatas sudah kalian ketahui. Berikutnya kita akan memberikan penjelasan lengkap terkait seperti apa cara mengatasi agar ATM BNI bisa digunakan kembali untuk penarikan tunai maupun transaksi lainnya. Lebih jelasnya simak di bawah ini.

1. Perbaiki Kartu ATM

Cara satu ini bisa dilakukan ketika tarik tunai tidak bisa dilakukan karena kartu ATM terblokir ataupun rusak. Sudah pasti masalah ini mengharuskan kalian untuk meminta bantuan kepada pihak bank. Kalian hanya perlu menyampaikan kepada pihak bank bahwa kartu dalam kondisi rusak ataupun terblokir. Nantinya petugas akan meminta informasi data rekening, kartu ATM rusak dan juga KTP sebagai syarat pengajuan kartu ATM kembali. Proses ini tidak membutuhkan waktu lama, kurang lebih hanya 30 menit saja.

Baca  √ Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab dan Cara Mengatasi

2. Pastikan Saldo Rekening Tersedia

Ketika melakukan tarik tunai menggunakan kartu ATM di mesin ATM BNI, kalian bisa pastikan terlebih dahulu bahwa saldo rekening tersedia. Kalian bisa mengecek informasi saldo terlebih dahulu, jika saldo mencukupi kalian baru bisa melakukan tarik tunai dengan nominal yang diinginkan.

3. Cari Mesin ATM yang Tersedia Uang

Apabila menemui mesin ATM BNI yang sudah kehabisan uang, kalian bisa mencari mesin ATM lainnya yang tersedia uang di dalamnya. Usahakan juga untuk mencari mesin ATM yang berlokasi di keramaian untuk menghindari tindak kejahatan kriminal.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas mengenai kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai, hal paling penting yang harus kalian ketahui adalah mengenai penyebabnya. Jika penyebab tersebut sudah diketahui, kami rasa solusi akan lebih mudah didapatkan. Terkadang masih ada beberapa nasabah yang masih menggunakan kartu ATM berbasis pita atau magnetik. Penting diketahui bahwa saat ini kartu ATM magnetik sudah tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Untuk itu kalian bisa segera melakukan penggantian kartu ATM Magnetik ke Chip agar bisa digunakan.

Itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai kenapa ATM BNI tidak bisa tarik tunai. Baiklah, hanya ini saja yang bisa buatatm.com sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika mengalami masalah kartu ATM BNI tidak bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.