√ Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan ? Penyebab dan Cara Mengatasi

Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan – Perbankan memang selalu memberikan beberapa fasilitas kepada setiap nasabahnya, baik nasabah lama maupun nasabah baru. Pemberian fasilitas perbankan ini juga meliputi kartu ATM, Mobile Banking, Internet Banking serta SMS Banking. Semuanya bisa digunakan untuk keperluan transaksi, baik melalui mesin ATM atau secara online lewat aplikasi dan situs resmi. Mengenai semua fasilitas tersebut, mungkin hampir semua nasabah Bank BRI memiliki fasilitas kartu ATM. Walaupun bisa dikatakan bahwa Digital Banking memang lebih banyak digunakan dibandingkan dengan kartu ATM.

Akan tetapi kita tidak bisa mengesampingkan kartu ATM, karena ketika terjadi masalah pada aplikasi Mobile Banking, Internet Banking maupun SMS Banking, para nasabah tentu akan kembali lagi menggunakan layanan kartu ATM tersebut. Untuk itu, pihak bank akan menawarkan penggunaan semua fasilitas tersebut kepada nasabah baru. Biasanya juga CS akan langsung meminta nasabah melakukan aktivasi Mobile, Internet dan juga SMS Banking. Hal ini bertujuan ketika terjadi masalah pada kartu ATM atau sebaliknya, nasabah masih tetap bisa menggunakan opsi lain untuk melakukan transaksi.

Membahas mengenai fasilitas kartu ATM Bank BRI, di pertemuan kali ini buatatm.com akan memberikan informasi lengkap terkait masalah kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Ya, masalah ATM BRI tidak bisa digunakan juga menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh para nasabah. Dimana mereka tidak bisa melakukan transaksi melalui mesin ATM dan sebagian nasabah tidak mengetahui apa penyebab mengapa kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Penting diketahui juga bahwa ada beberapa faktor penyebab mengapa kartu ATM BRI tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

Poin penyebab ini wajib untuk kalian ketahui agar nantinya solusi pemecahan masalah ini bisa didapatkan dengan mudah. Sedangkan untuk cara mengatasi, kami rasa cara mengatasi kartu ATM BRI tidak bisa digunakan tidak berbeda jauh dengan masalah Kartu ATM BNI tidak valid seperti yang sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya. Solusi paling pasti adalah dengan meminta bantuan kepada pihak BRI. Baiklah daripada penasaran mengenai pembahasan kali ini, lebih baik langsung saja simak informasi lengkap terkait penyebab dan solusi mengatasi kartu ATM BRI tidak bisa digunakan berikut ini.

KARTU ATM BRI TIDAK BISA DIGUNAKAN

Penyebab Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa ketika terjadi masalah seperti ini, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa saja penyebab kartu ATM BRI tidak dapat digunakan untuk bertransaksi, entah itu tarik tunai, transfer, pembayaran, pembelian atau lain sebagainya. Nah di bawah ini bisa kalian lihat beberapa penyebab mengapa fasilitas tersebut tidak bisa digunakan.

Baca  √ BCA Mobile Error ? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

1. Kartu ATM BRI Rusak

Penyebab pertama bisa juga dikarenakan kondisi ATM BRI dalam keadaan rusak. Jika kartu ATM dalam keadaan rusak, biasanya kartu tersebut akan ditolak oleh mesin ATM dan muncul informasi bahwa kondisi kartu dalam keadaan rusak. Dapat dipastikan juga kalian tidak akan bisa menggunakannya untuk bertransaksi di mesin ATM tersebut.

2. Kartu ATM BRI Disable

Penyebab kedua adalah karena kondisi kartu ATM BRI Disable. Disable sendiri adalah salah satu sistem keamanan yang disediakan oleh bank BRI yang bertujuan melindungi keamanan kartu ATM. Penyebab ATM BRI Disable ini juga bermacam-macam, diantaranya adalah karena:

  • Salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut.
  • Pihak bank BRI mensinyalir adanya transaksi yang mencurigakan.
  • Terjadinya pembobolan kartu ATM oleh oknum tidak bertanggungjawab.
  • Penyalahgunaan kartu ATM dan rekening, seperti penipuan, pemerasan, dan lain-lain.
  • Terjadi skimming atau pencurian data nasabah yang tersimpan dalam kartu ATM.
  • PIN kartu ATM telah lama tidak diganti sehingga pihak bank memutuskan untuk melakukan disable kartu untuk menjaga keamanan rekening.

3. Berstatus Pasif/Dormant

Lalu untuk penyebab berikutnya adalah karena ATM masuk dan berubah statusnya menjadi rekening pasif/dormant. Hal ini dikarenakan ATM BRI tidak pernah digunakan untuk bertransaksi lebih dari 540 hari.

4. Kartu ATM BRI Sudah Expired

Dan untuk penyebab terakhir menurut kami adalah karena kartu ATM BRI sudah berakhir masa berlakunya. Ketika ATM sudah habis masa berlaku, tentunya pihak bank akan memblokir sementara kartu ATM tersebut sampai nasabah menginformasikan kepada pihak bank. Untuk bisa melihat masa berlaku, kalian bisa lihat informasi tersebut di bagian depan kartu ATM, cek pada bagian Valid Thru.

Baca  20 Cara Mengetahui CVV BRI Kartu Debit dan Kredit

Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Tidak Bisa Digunakan

Jika kalian sudah mengetahui informasi diatas terkait penyebab mengapa kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Berikutnya kita masuk ke pembahasan berikutnya, yakni mengenai cara mengatasi agar kartu ATM BRI bisa digunakan kembali untuk bertransaksi. Ada beberapa tips dan cara yang bisa kalian lakukan, pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang BRI setempat dan bisa juga menyampaikan keluhan ke Call Center BRI. Namun kami sarankan untuk mendatangi langsung ke kantor BRI setempat agar lebih jelas mengenai cara mengatasinya.

Jika penyebab kartu ATM BRI rusak, expired atau rekening pasif, kalian bisa melakukan aktivasi kembali atau mengganti kartu ATM dengan yang baru. Disini kalian hanya perlu menyiapkan beberapa syarat untuk ganti kartu ATM BRI baru seperti:

  • Kartu ATM BRI yang lama
  • Buku rekening tabungan BRI
  • Kartu identitas seperti KTP, Paspor dan SIM
  • Uang sebagai biaya ganti kartu ATM (Rp 15.000)

Proses permintaan kartu ATM BRI baru sendiri juga cukup cepat, kalian hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Apabila disini kalian belum memiliki layanan Digital Banking, kami sarankan untuk melakukan aktivasi agar ketika terjadi masalah seperti ini, kalian masih bisa melakukan transaksi menggunakan Mobile, Internet maupun SMS Banking.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas mengenai kartu ATM BRI tidak bisa digunakan, disini bisa disimpulkan bahwa penggunaan kartu ATM BRI ini memang harus diperhatikan. Baik masa berlaku kartu, kondisi kartu dan juga lain sebagainya. Sedangkan untuk cara mengatasi masalah ini, kalian bisa segera mendatangi kantor cabang BRI setempat agar bisa dibantu untuk menyelesaikan masalah ini.

Itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai kartu ATM BRI tidak bisa digunakan. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa buatatm.com, semoga bermanfaat dan menjadi referensi ketika kalian mengalami masalah seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.